Orang Indonesia Ngutang Pinjol Sampe Rp 50 Triliun Lebih

Wah, teman-teman di Indonesia nih, banyak yang lagi pake pinjaman online (pinjol) loh. Totalnya lebih dari 50 triliun rupiah, guys! Nah, menurut riset, sebagian besar orang yang pinjem duit online ini sebenarnya enggak pake buat usaha atau hal yang bermanfaat. Mereka pake duit itu buat bayar hutang lagi, deh.

Kalau kita lihat lebih dalam, kebanyakan orang yang minjem dari pinjol berasal dari Jawa Barat dan Jakarta, loh. Dan yang bikin sedih, sekitar 42% dari mereka adalah guru. Wah, ternyata banyak banget ya yang pake pinjol. Apalagi, menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan), pas ada event besar kayak konser Coldplay, minjem dari pinjol makin naik.

Meskipun gampang diakses, aku enggak saranin kamu buat main-main sama pinjol, guys. Soalnya, resikonya banyak dan besar banget. Mulai dari bunganya yang tinggi, kalau dibandingin sama pinjaman lain, sampe bisa masuk daftar data OJK dan penyetan barang kamu sendiri. Aku juga punya pengalaman buruk bareng pinjol, tapi nanti aku ceritain deh. Jadi, hati-hati ya kalau mau pake pinjol!

Baca Juga

Related Posts

There is no other posts in this category.