4 Langkah Mudah Mengobati Patah Hati

Sebuah cara yang memiliki impak besar untuk kebahagiaan jiwa: memaafkan.

Memaafkan merupakan cara terbaik untuk menyembuhkan luka hati. Cobalah memaafkan hal kecil.

Lalu rasakan bagaimana perbedaan dalam hati.

Sebutlah siapa yang perlu Anda maafkan dan mengapa Anda memaafkan.

Nyatakan bagaimana perasaan Anda saat ini: Anda kesal, sakit, kecewa, ingin membalas... dan seterusnya. Ungkapkan semua perasaan negatif tersebut karena perasaan tersebut yang akan Anda lepaskan.

memaafkan untuk mengobati patah hati.


Tuliskan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan memaafkannya. Misalnya sempitnya dada menjadi lapang. Amarah menjadi kedamaian.

Terakhir, komitmen. Anda bersungguh-sungguh memaafkan, bukan sekedar ingin, tetapi mengharuskan diri untuk memaafkan.

Itulah beberapa langkah ringan yang dapat mengobati patah hati.

Dan inilah contohnya.

Misalnya Anda merasa patah hati karena seseorang yang Anda harapkan setia, justeru mengkhianati Anda.


  1. Saya bersedia memaafkan Budi yang telah mengkhianati saya.
  2. Sekarang saya memutuskan untuk melepaskan segala perasaan kecewa, sedih, sakit hati, dan dendam.
  3. Saya memahami dengan memaafkannya hati saya menjadi lapang, jiwa saya lebih luas, amarah menjadi kedamaian.
  4. Saya berkomitmen untuk memaafkan Budi dan menerima segala ketenangan, kelapangan jiwa, dan kedamaian yang saya dapatkan dari pemaafan ini.

Itulah langkah kecil yang membantu Anda melewati masa-masa sulit.

Saat bunga-bunga cinta mulai layu, maka langkah tersebut seolah-olah tetes embun yang akan menyegarkan hati Anda.

Patah hati memang membuat Anda kecewa. Terlebih bila Anda terus menerus menyimpannya.

Oleh karena itu, bersegeralah mengambil tindakan. Hidup ini terus berputar. Jangan sampai tertinggal jauh di belakang hanya karena mengurusi hati yang terluka.

Memang awalnya sulit. Tetapi jika Anda terus melatih diri menjadi pribadi pemaaf, maka Anda merasakan kedamaian yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Bukanlah lebih baik berjiwa besar daripada berjiwa kerdil.

Bukanlah lebih baik berbahagia dengan memaafkan daripada tersiksa karena menyimpan dendam.

Itulah beberapa langkah khusus untukmu yang ingin melepaskan rasa sakit karena patah hati.

Semoga hari ini dan seterusnya kedamaian itu bersemayam di setiap sudut jiwamu.
Baca Juga

Related Posts